25 Obat Kolesterol Tinggi dari Bahan Alami dan Cara Tradisional

Obat kolesterol tinggi dari bahan alami dan cara tradisional. -Kolesterol merupakan sejenis lemak yang sebagian besarnya dihasilkan oleh hati dan sebagiannya lagi dihasilkan oleh makanan. Sementara, penyakit kolesterol tinggi adalah sebuah kondisi dimana kandungan kolesterol di dalam darah melebih kadar normalnya.

Sangat serius, pasalnya kolesterol yang berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit-penyaki yang berbahaya, semisal penyakit jantung, diabetes, disfungsi ereksi, darah tinggi, batu empedu atau gangguan terhadap sistem pencernaan. Karena itu, penyakit ini harus segera ditangani.


25 Obat Kolesterol Tinggi dari Bahan Alami dan Cara Tradisional

Kabar baiknya, dalam tulisan kali ini kamu akan mengetahui berbagai macam obat kolesterol tinggi, baik obat yang terbuat dari bahan alami atau pengobatan yang dilakukan dengan cara tradisional. Berikut di bawah ini.


Obat Kolesterol Alami


obat kolesterol alami

1. Bawang Putih

Sebuah studi yang dilakukan di Munich University, Jerman, melaporkan bahwa kandungan glukosinates yang terdapat di dalam bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sebanyak 10 persen dalam 4 bulan konsumsi.

Caranya cukup mudah, makanlah bawang putih sebanyak 3-4 siung dalam satu hari, jika tidak suka dengan rasanya, kamu dapat membuat jus buah yang dicampur dengan bawang putih (3-4 siung). Untuk menghindari dehidrasi, minumlah air putih secukupnya selama masa penyembuhan.

2. Jeruk Nipis

Kandungan senyawa flavonoid yang terdapat pada jeruk nipis dapat menghambat perkembangan kolesterol jahat di dalam aliran darah. Secara otomatis, mengkonsumsi jeruk nipis dapat memperkecil resiko penyakit kolesterol tinggi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminum langsung purutan jeruk nipis atau mencapurnya dengan kecap agar rasanya tidak terlalu asam.

3. Buah Alpukat

Meskipun alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi, namun harus diketahui bahwa lemak yang terkadung di dalamnya merupakan lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik yang mampu mengontrol produksi lemak jahat dan kolesterol. Tentu saja dengan cara konsumsi yang teratur.

Caranya : kamu dapat membuat jus dari bahan dasar alpukat sepenuhnya, tanpa gula, coklat atau susu. Sebab, campuran bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kegemukan. Jika bermaksud meningkatkan cita rasa, kamu dapat memilih kacang almond atau kacang kenari sebagai alternatif.

4. Belimbing Manis

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah belimbing manis dapat menyerap kadar kolesterol dan lemak di dalam tubuh, sehingga mampu mengatasi tekanan darah tinggi dan memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam buah ini dapat memperkecil resiko kanker dan sebagai obat sariawan tradisional yang aman untuk anak.

Caranya sangat mudah, konsumsilah 2 buah belimbing setiap hari secara rutin, sebaiknya dimakan setelah sarapan dan makan malam.

5. Tomat

Merupakan sumber zat likopen, tomat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan membantu untuk para penderita maag. Caranya dapat langsung dimakan, menambahkannya ke dalam setiap masakan atau membuatnya menjadi jus tomat.

6. Buah Anggur

Kandungan zat catechin dan senyawa flavonoid yang terdapat pada buah anggur sangat efektif untuk pencegahan penggumpalan darah, kerusakan organ akibat radikal bebas dan dapat menurunkan kolesterol tinggi. Caranya cukup mudah, konsumsilah buah anggur secara rutin setiap hari.

7. Buah Mangga

Buah satu ini memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah serat prebiotik yang mampu mengikis pertumbuhan kolesterol jahat dan vitamin C yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol teroksidari, sehingga dapat memperkecil resiko penumpukan plak pada pembuluh darah.

Caranya sangat mudah, kamu dapat memakannya secara langsung atau menggunakannya sebagai bahan pembuatan jus mangga.

8.  Jambu Merah

Jambu merah merupakan salah satu bahan alami untuk mengobati kolesterol tinggi. Pasalnya, beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti flavonoid, Karotenoid, Selenium, vitamin C dan E dapat mengatasi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Hasil sebuah studi yang dilakukan oleh para pakar kesehatan, menyebutkan bahwa mengkonsumsi jambu merah selama 2 bulan dengan teratur dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, setidaknya 50-82 persen.

9. Buah Gooseberry

Berbagai kandungan di dalam buah gooseberry dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, di antaranya adalah corilagin yang dapat membunuh kolesterol, nutrisi kalium yang mampu memperlancar sirkulasi darah dan serat yang bekerja sebagai pelancar sistem pencernaan.

Untuk menurunkan kolesterol tinggi, konsumsilah ekstrak buah gooseberry selama sebulan penuh. Kamu bisa mendapatkan buah gossberry dalam keadaan bubuk dan menyeduhnya sebagaimana menyeduh kopi. Minumlah sehari 2 kali.

10. Kacang-kacangan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Arizona menyebutkan bahwa berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond, pinto, pistachio, pecan dan kacang kenari mengandung zat sterol dan serat yang mampu mempelancar sistem pencernaan, sehingga dapat mengeluarkan kolesterol jahat dan mengubahnya menjadi kolesterol baik (sehat untuk tubuh).

Kamu dapat mengkonsumsi segenggam kacang-kacangan yang disebutkan di atas, rutin setiap hari selama 2 bulan penuh.

11. Akar Seledri

Tumbuhan yang memiliki nama keren apii graveolentis radix ini memiliki kandungan yang luar biasa di dalamnya, termasuk minyak atsiri, manit, asparagin, glutamin, zat pati, tirosin, pentosan dan manit yang berfungsi untuk peluruh kencing dan membuang kelesterol jahat melalui pembuangan air kecil. Caranya?

  1. Siapkan 30gr akar seledri yang masih segar
  2. Bersihkan
  3. Rebus dengan 2 gelas air
  4. Tunggu hingga tersisa 1 gelas
  5. Dinginkan dan saring
  6. Minumlah secara rutin (1 gelas sehari)

12. Terong

Terong mengandung zat asam khlorogenik yang bekerja sebagai pengontrol kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Selain itu, terong juga merupakan sumber serat yang sangat bermanfaat untuk mencegah obesitas dan menurunkan berat badan.

Namun perlu kamu ketahui bahwa kandungan asam oksalat di dalamnya bisa membahayakan para penderita asam urat. Oleh karenanya, bila kamu bermasalah dengan asam urat, sebaiknya tidak memilih sayur terong untuk penyembuhan kolesterol tinggi.

Caranya cukup mudah, usahakan untuk menkonsumsi sayur terong dengan rutin, 2 kali dalam satu minggu.

13. Buncis

Buncis merupakan salah satu obat kolesterol alami yang bisa kamu temukan dengan mudah. Sayuran satu ini memiliki kadar lemak yang sangat rendah, sehingga mengkonsumsi jus buncis dengan kadar teratur, 1 gelas sehari, dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

14. Teh Hijau

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat membuktikan bahwa mengkonsumsi teh hitam selama satu minggu dapat mengikis kolesterol jahat sebanyak 10 persen dan dapat memperkecil resiko penyakit jantung koroner. Cara mengobati kolesterol tinggi dengan teh hijau adalah sebagai berikut.

Minumlah teh hijau sebanyak 2 kali dalam sehari, tanpa gula dan tanpa pemanis. Konsumsi teh hijau harus diikuti dengan memperhatikan asupan makanan, hindarilah makanan yang mengandung kadar gula, lemak dan kolesterol yang tinggi.

15. Teh Hitam

Seperti halnya teh hijau, teh hitam juga merupakan obat kolesterol alami. Kandungan senyawa epigallocathingallate yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengikis kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan inipun sangat bermanfaat untuk melawan penyakit kanker.

Caranya sangat mudah, konsumsilah 2-3 gelas teh hitam setiap hari. Jangan berlebihan karena kandungan kafein di dalamnya cukup tinggi dan cukup berbahaya bagi keseimbangan tubuh kita.

16. Daun Salam

Salah satu bahan alami yang bisa kamu andalakan untuk mengatasi kadar kolesterol yang berlebihan, murah dan mudah didapatkan. Khasiat daun salam bisa kamu rasakan setelah mengkonsumsinya sekitar 3 minggu. Berikut adalah cara membuat ramuannya.

  1. Siapkan 7 lembar daun salam yang sudah dicuci
  2. Rebus dalam air yang mendidih (600cc)
  3. Tunggu hingga air menyusut sampai setengahnya
  4. Minumlah secara teratur

17. Tanaman Akar Manis

Berbagai kandungan di dalam tanaman akar manis, seperti zat asam amino, asam sinapic, asam ferulic, beta-sitoserol, triterpenoid, biotin dan flavanoid, mampu mengatasi kadar kolesterol yang berlebihan. Namun perlu kamu ketahui, mengkonsumsi akar manis secara berlebihan dan masa konsumsi yang panjang dapat mengakibatkan kekurangan kalium dan melemahkan otot. Berikut adalah cara pembuatan tanaman akar manis.

  1. Siapkan 10gr akar manis
  2. Rebus dengan 3 gelas air
  3. Didihkan hingga tersisa 1 gelas
  4. Dinginkan dan saring
  5. Minumlah segelas per hari, pagi setengah dan malam setengah gelas

18. Minyak Zaitun

Bagi orang-orang Korea dan Jepang, minyak zaitun digunakan untuk kecantikan dan ramuan pengawet muda. Sedangkan kandungan asam lemak trans monoenoic di dalam minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi minyak zaitun dengan rutin dapat mencegah obesitas. Caranya?.

Gantilah minyak sayur dengan minyak zaitun saat kamu menumis sayuran, menggoreng ayam atau memasak masakan lainnya.

19. Sambiloto

Sebagai tanaman yang dikenal sebagai obat asam urat alami, sambiloto juga dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol jahat di dalam aliran darah. Berikut adalah cara pembuatan sambiloto untuk pengobatan penyakit kolesterol tinggi.

  1. Siapkan 20gr tanaman sambiloto kering
  2. Rebus dengan air 3 gelas
  3. Tunggu hingga air menyusut sampai 1 gelas
  4. Minum sekaligus, lakukan secara rutin (1 gelas sehari)

Obat Kolesterol Tradisional

obat kolesterol tradisional

Setelah mengetahui beberapa obat kolesterol alami, selanjutnya kamu akan mengetahui beberapa obat kolesterol tradisional. Berikut di bawah ini uraian lengkap yang telah saya siapkan.

1. Mengkonsumsi Beras Merah

Bila kamu terbiasa mengkonsumsi beras putih, maka sebaiknya gantilah dengan beras merah selama masa penyembuhan kolesterol tinggi. Meskipun harganya lebih mahal, namun beras merah memiliki berbagai keunggulan dalam segi kesehatan. Berikut merupakan berbagai kandungan yang terdapat pada beras merah.

Serat dan vitamin B: terdapat pada kulit beras, bermanfaat untuk penyerapan kolesterol dalam peredaran darah

Nutrisi atau mineral: dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme

2. Sarapan dengan Gandum atau Oatmeal

Mungkin selama ini kamu terbiasa sarapan dengan makanan yang mengandung lemak atau kolesterol, seperti gorengan atau lauk pauk untuk menemani nasi. Namun sebaiknya, selama masa penyembuhan kolesterol tinggi, gantilah kebiasaan sarapanmu dengan menyantap makanan yang lebih sehat, seperti semangkuk oatmeal.

Oatmeal sendiri merupakan makanan sehat yang dibuat dari gandum. Sementara, gandum memiliki kandungan beta glukan dan serat yang mampu menurunkan kolesterol dan lemak di dalam tubuh secara efektif. Biasanya selain pada oatmeal, gandum juga terdapat pada roti atau biskuit.

3. Mengkonsumsi Sayur Bayam

Lewat film Popeye Si Pelaut, sejak kecil kita tahu bahwa kandungan zat besi di dalam bayam dapat menambah stamina secara dratis. Namun apakah kamu tahu bahwa bayam juga mengandung lutein yang mampu menyerap kolesterol dan plak yang mengendap pada arteri, sehingga dapat menurunkan kadar oksigen dan memperkecil resiko darah tinggi.

Oleh karenanya, rutinlah untuk mengkonsumsi sayur bayam segar, tanpa pestisida, 3 kali dalam seminggu. Namun perlu diingat bahwa para penderita asam urat harus menghindari mengkonsumsi bayam secara berlebihan.

4. Gunakanlah Kunyit di Dalam Masakan

Satu dari sekian banyak manfaat rimpang kunyit adalah untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dapat terjadi karena kunyit mengandung sifat ekspektoran yang bekerja sebagai pelindung jantung dan dinding kolesterol dari pengendepan lemak jahat. Oleh karenanya, ada baiknya untuk menambahkan kunyit ke dalam setiap masakanmu selama masa penyembuhan.

5. Ramuan Madu dan Bawang Merah

Selain berguna untuk obat sakit gigi alami, bawang merah juga bermanfaat untuk penyembuhan kolesterol tinggi. Pasalnya, menurut sebuah studi yang dilakukan di Cina, bawang merah mengandung quercetin dan flavonoid yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kamu dapat menjadikan bawang merah sebagai.

  • Lalapan
  • Tumis
  • Bumbu
  • Irisan kecil

6. Rebusan Air Ketumbar

Selain bermanfaat untuk menambah aroma sedap dalam setiap masakan, ketumbar juga dapat berfungsi sebagai obat kolesterol tradisional dan memperkecil resiko penyakit diabetes. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan 2 sendok ketumbar
  2. Rebus dengan segelas air
  3. Setelah benar-benar mendidih, kemudian dinginkan
  4. saring airnya dan minum secara teratur, pagi dan sore hari

Baca juga: 7 manfaat rokok vs 7 bahaya rokok bagi kesehatan

Demikian adalah 25 obat kolesterol tinggi, baik obat kolesterol alami dan obat kolesterol tradisional. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu, sebaiknya bantu saya dengan membagikan tulisan ini di sosial media kesayanganmu. Caranya dengan menekan tombol sosial media yang tersedia di bawah.

0 Response to "25 Obat Kolesterol Tinggi dari Bahan Alami dan Cara Tradisional"

Posting Komentar