23 Obat Sariawan dari Bahan Alami dan Cara Tradisional (Sangat Aman untuk Anak)

Obat sariawan alami dan tradisional, aman untuk anak. -Sariawan merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena selaput lendir yang terletak di area mulut mengalami luka, ditandai dengan warna putih kemerah-merahan dan lekungan pada bagian yang terluka. Meski terlihat sepele, namun kerap kali sariawan menimbulkan rasa sakit dan pedih, terlebih saat menikmati makanan yang pedas atau terlalu banyak kaldu. Pastinya sangat mengganggu bagi kamu yang menderita.

Beberapa bagian mulut yang dapat terkena sariawan adalah bibir bagian luar, bibir bagian dalam, dinding mulut dan langit-langi di mulut.


Penyebab Sariawan, Baik Bagi Anak atau Orang Dewasa

Pada umumnya, anak-anak lebih sering mengalami sariawan dibanding orang dewasa. Agar dapat mencegah terjadinya sariawan, kita perlu mengetahui beberapa faktor yang mengakibatkan sariawan, baik untuk anak-anak atau orang dewasa. Berikut di bawah ini adalah faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya sariawan.

Luka Pada Mulut

Secara langsung, saat mulutmu terluka, maka tidak butuh waktu lama, luka tersebut akan menjadi sariawan. Banyak sekali pebabnya, termasuk mulut tergigit saat makan terburu-buru, tersodok oleh sikat gigi, jatuh atau lainnya.

Kurangnya Asupan Nutrisi dan Gizi

Perlu diketahui bahwa kesehatan mulut ditunjang oleh beberapa nutrisi, antara lain adalah Vitamin B12, Vitamin C dan zat besi. Oleh karenanya, apabila mulut kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut, maka resiko terkena sariawan lebih besar.

Faktor Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut memiliki pernanan penting bagi kesehatan mulut. Menjaganya agar tetap bersih merupakan hal yang harus dilakukan, mulut yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman yang mampu merusak kesehatan gigi dan mulut, termasuk sariawan.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman panas dapat memicu sariawan. Maka dari itu, tunggulah sampai dingin atau hangat saat kamu hendak menyantap sesuatu. Selain itu, makanan yang pedas juga memiliki peranan terjadinya sariawan, kurangilah mengkonsumsi makanan pedas.

Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Bagi anak, saat daya tahan tubuh menurun, lebih rawan terkena penyakit sariawan, karena kekebalan tubuh pun ikut menurun. Sedangkan, beberapa penyebab menurunnya daya tahan tubuh adalah faktor cuaca, kekurangan nutrisi, pola makan yang buruk dan kurang istirahat.

Mengalami Masalah Pada Sistem Pencernaan

Sariawan juga dapat diakibatkan oleh terganggunya sistem pencernaan. Sedangkan, sistem pencernaan dapat mengalami masalah karena kurang asupan riboflavin, vitamin B12, miacin dan Vitamin C.

Setelah mengetahui berbagai pemicu terjadinya sariawan, maka pengobatannya pun akan lebih mudah dilakukan. Sebab kita tahu, hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika kamu atau anakmu mengalami derita yang ditimbulkan oleh penyakit sariawan.


23 Obat Sariawan dari Bahan Alami dan Cara Tradisional (Sangat Aman untuk Anak)

Biasanya, setelah 10-14 hari, sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Namun, perih yang diakibatkannya terkadang sangat menyiksa, agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat, kita harus mengetahui berbagai obat sariawan, baik obat sariawan alami, obat sariawan tradisional atau obat sariawan untuk anak. Berikut di bawah ini.


Obat Sariawan dari Bahan Alami

obat sariawan dari bahan alami

1. Tomat

Kamu bisa menemukannya dengan mudah, entah di dapur atau membelinya di warung terdekat. Kandungan vitamin C yang terdapat pada tomat dapat diandalkan untuk mengatasi sariawan. Bagaimana caranya?.

  1. Iris tomat dengan ukuran tipis-tipis
  2. Tempelkan irisan tomat ke bagian mulut yang sariawan
  3. Atau, kamu dapat memakannya langsung

2. Bawang Putih

Masih berupa personil bumbu dapur, kamu dapat memanfaatkan bawang putih untuk mengobati sariawan. Hal ini disebabkan karena bawang putih merupakan antibiotik alami, sangat ampuh untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab sariawan. Bagaimana caranya?.

  1. Siapkan dan kupas beberapa biji bawang putih
  2. Tumbuk hingga halus (membentuk pasta)
  3. Oleskan pasta bawang putih ke bagian mulut yang terkena sariawan

3. Daun Kemangi

Selain menambah aroma nikmat pada setiap masakan, kandungan alami yang terdapat pada daun kemangi dapat kamu andalkan untuk mengatasi perih yang diakibatkan oleh sariawan. Caranya cukup mudah, kamu dapat mengunyahnya atau berkumur dengan air rebusannya.

4. Jeruk Nipis

Selain bermanfaat untuk obat batuk alami, jeruk nipis juga dapat berperan sebagai obat sariawan alami. Dalam kehidupan sehari-hari, jeruk nipis sering kita gunakan untuk penyedap makanan atau membuat minuman segar, tidak susah untuk mendapatkannya. Bagaimana mengobati sariawan dengan jeruk nipis?. Ini dia;

  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis
  2. Iris dan peras airnya
  3. Masukan perasannya ke dalam air 1 gelas
  4. Airnya dapat kamu pakai untuk berkumur atau diminum dengan menambahkan madu ke dalamnya

5. Jambu Air

Selain rasanya yang manis dan segar, jambu air juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Sebab, kandungan alami di dalamnya dapat melembabkan area di sekitar mulut. Berikut adalah cara mengobati sariawan menggunakan jambu air.

  1. Siapkan jambu air secukupnya
  2. Kupas bagian belakang jambu air
  3. Tumbuk, hingga mengeluarkan airnya
  4. Airnya bisa kamu gunakan untuk berkumur

6. Daun Jambu Biji

Entahlah, apa hubungan jambu biji dengan jambu air, apakah saudara atau keponakan, yang jelas keduanya dapat kita manfaatkan untuk mengobati sariawan. Bedanya, kita hanya menggunakan daunnya saja pada jambu biji. Berikut adalah caranya.

  1. Siapkan segenggam daun biji yang sudah dipisahkan dari batangnya
  2. Cuci daun tersebut
  3. Rebus bersama 1 liter air
  4. Tunggu hingga tersisa 1 gelas
  5. Setelah dingin, kamu dapat meminumnya sekaligus

7. Air Kelapa

Selain menyegarkan, air kelapa dapat kamu fungsikan sebagai obat sariawan. Sebab, air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat mengatasi luka di area mulut. Selain itu, air kelapa juga mengandung mineral, vitamin C, magnesium, kalsium dan zat besi untuk menjaga kesehatan mulut.

Kamu dapat berkumur dengan air kelapa atau meminumnya.

8. Pepaya

Buah pepaya terkenal dapat mengatasi masalah pencernaan. Namun tahukah kamu bahwa pepaya juga dapat mengatasi penyakit sariawan?. Kandungan alami di dalam buah pepaya dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Caranya sangat mudah, kamu dapat menempelkan pepaya yang sudah dikupas pada bagian mulut yang sariawan.

9. Buah Delima Putih

Bila ditinjau dari warna, secara garis besar, buah delima dibagi menjadi dua jenis, yakni buah delima merah dan buah delima putih. Nah, khusus untuk buah delima putih, kamu dapat menggunakannya untuk mengatasi sariawan. Bagaimana caranya?.

  1. Siapkan 2 buah delima putih
  2. Tumbuk sambil memisahkan bijinya
  3. Rendam dalam segelas air selama 2 hari
  4. Gunakan air rendaman tersebut untuk berkumur

10. Daun Sirih

Kandungan alami yang terdapat di dalam daun sirih dapat membersihkan area mulut dan mengatasi sariawan. Caranya sangat mudah, yakni.

  1. Siapkan 2 lembar daun sirih
  2. Kunyah hingga hancur
  3. Diamkan di mulut hingga beberapa lama (jangan dimakan)
  4. Buang dari mulut

11. Lidah Buaya

Bisa dikatakan bahwa lidah buaya merupakan tanaman dengan berbagai khasiat, di antaranya adalah sebagai anti jamur, anti inflamasi, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel tubuh.

Pun kandungannya, sangat luar biasa. Sebab, tanaman lidah buaya mengandung mineral, enzim, polisakarida, vitamin, asam amino dan zat asam polik yang dapat menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, kita dapat mengandalkannya untuk mengobati sariawan. Caranya adalah.

  1. Siapkan satu lembar lidah buaya
  2. Irislah hingga mengeluarkan cairan lendir
  3. Oleskan cairan tersebut pada area mulut yang mengalami sariawan
  4. Lakukan secara rutin (3 kali sehari)

12. Kunyit

Kunyit dipercaya sebagai obat herbal yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan dengan sangat efektif. Caranya cukup mudah, kamu dapat menumbuk kunyit sampai bentuknya menyerupai pasta, kemudian oleskan pasta tersebut pada luka sariawan secara rutin.

13. Tanaman Kaki Kuda

Selain berkhasiat untuk mengatasi radang usus, batuk, sakit perut dan susah buah air kecil. Tanaman kaki kuda juga dapat kamu andalkan untuk mengatasi sariawan. Bagaimana caranya?.

  1. Siapkan segenggam tanaman kaki kuda yang telah dikeringkan
  2. Rebus selama 15 menit
  3. Minumlah airnya dengan rutin (2 kali sehari)

14. Tanaman Adas

Memilih tanaman untuk mengatasi sariawan, opsi selanjutnya adalah tanaman adas, yang bermanfaat juga untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri yang menempel di area mulut. Bagaimana mengobati sariawan dengan tanaman adas?. Ini dia.

  1. Haluskan 1 sendok teh adas, 2 biji kapulaga dan 1 cangkir daun beluntas
  2. Seduh dengan segelas air panas
  3. Tambahkan sedikit garam
  4. Gunakanlah air tersebut untuk berkumur atau dapat diminum

Obat Sariawan Dengan Cara Tradisional


obat sariawan dengan cara tradisional

Setelah mengetahui berbagai obat sariawan alami, selanjutnya kita akan mengetahui obat sariawan tradisional, yakni cara-cara yang dipakai oleh orang tua jaman dahulu. Berikut di bawah ini.

1. Menggunakan Kopi Bubuk

Cara satu ini dikenal sangat ampuh untuk mengatasi sariawan, yakni dengan menggunakan kopi bubuk, kamu dapat menempelkan kopi bubuk pada bagian sariawan selama 2-3 menit, kemudian basuhlah dengan air bersih. Lakukan cara ini selama 3 hari berturut-turut.

2. Berkumur dengan Air Garam

Air garam sangat banyak manfaatnya, di antaranya adalah sebagai obat sakit gigi tradisional dan mengatasi sariawan. Sebab, cairan garam dapat menarik lendir yang menempel pada sariawan, sehingga proses penyembuhan dapat berjalan lebih cepat. Caranya sebagai berikut.

  1. Seduh 1 sendok garam dengan air hangat
  2. Gunakanlah air tersebut untuk berkumur
  3. Lakukanlah secara teratur dan rutin (2 kali sehari)

3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dapat diandalkan untuk membunuh kuman penyebab sariawan dan mengurangi rasa perih yang diakibatkan sariawan. Caranya cukup mudah, yakni menyeduh baking soda dengan segelas air yang dipakai untuk berkumur, atau membuat salep dari baking soda yang dicampur sedikit air, kemudian oleskan salep tersebut pada area yang terkena sariawan.

4. Ramuan yang Terbuat dari Kunyit dan Asam Jawa

Obat sariawan tradisional berikutnya adalah menggunakan ramuan yang terbuat dari asam jawa dan kunyit. Namun, cara ini hanya diperuntukan orang dewasa dan tidak untuk anak-anak. Berikut adalah cara membuatnya.

  1. Rebuslah asam jawa dan kunyit dalam 4 gelas air
  2. Tunggulah hingga air tersisa 2 gelas
  3. Setelah disaring, minumlah air tersebut
  4. Agar rasanya enak, kamu dapat menambahkan madu
  5. Lakukanlah secara rutin (2 kali sehari), setiap sehabis makan

5. Temulawak, Asam Jawa dan Gula Merah

Temulawak sering digunakan pada ramuan jamu tradisional, sangat bermanfaat untuk mendobrak nafsu makan. Namun nyatanya, temulawak juga dapat kamu andalkan untuk mengatasi sariawan dengan cara berikut ini.

  1. Siapkan 1 rimpang temulawak, 1 buah asam jawa dan sedikit gula merah
  2. Rebus ke-3nya dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air tersisa 1 gelas
  4. Saring dan minumlah airnya
  5. Lakukan secara rutin (2 kali sehari) agar sariawan lekas sembuh

Obat Sariawan untuk Anak


obat sariawan untuk anak

Selanjutnya adalah beberapa obat sariawan yang sangat aman digunakan untuk anak, mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun (balita). Sebab, sariawan tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi terkadang anak di bawah 5 tahun pun terkena sariawan, membuat orang tua panik.

Berikut ini adalah beberapa obat sariawan untuk anak yang sangat mudah didapatkan, aman dan mempertimbangkan selera anak, enak.

1. Madu

Rasanya yang manis akan membuat semua anak suka dengan madu, bahan alami yang terkandung di dalamnya dapat membantu meringankan sakit pada luka sariawan dan membantu proses penyembuhan luka tersebut. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan madu pada bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan dengan rutin dan basuh sisa madu dengan air hangat.

2. Yogurt

Pilihan selanjutnya adalah yogurt, siapa yang tak suka dengan minuman yang bahan utamanya adalah susu sapi murni ini?. Tentu semuanya suka. Dalam yugort terdapat kandungan bakteri baik yang berfungsi sebagai antibiotik dan mampu membunuh kuman penyebab sariawan.

Caranya sangat mudah, yaitu meminumkan yogurt sebanyak 1-2 sendok makan secara rutin (1 kali sehari). Jangan terlalu banyak, agar anak tidak mengalami mencret dan jangan diberikan kepada anak berumur kurang dari 1 tahun.

3. Mentimun

Selama ini, mentimun kita kenal sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah. Namun tahukah kamu bahwa mentimun dapat mengobati sariawan, baik untuk orang dewasa atau pun anak-anak. Berikut adalah cara mengobati sariawan pada anak dengan buah mentimun.

  1. Siapkan 1 buah mentimun (berumur tua tapi masih segar)
  2. Iris tipis
  3. Oleskan mentimun pada bagian kulit yang terkena sariawan

Tips Mengobati Sariawan Pada Anak Secara Alami

Sebagai tambahan, selain mengobati dengan beberapa obat di atas, saat anakmu terkena sariawan, sebaiknya kamu melakukan beberapa tips di bawah ini agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

  • Saat anak terkena sariawan, sebaiknya memberikan asupan makanan yang dingin dan lunak
  • Sebaiknya hindari makan yang memiliki rasa asam dan pedas
  • Saat meminum minuman berasa, sebaiknya anak menggunakan sedotan
  • Jika sariawan berkepanjang, lebih dari 10 hari, sebaiknya lakukan pengecekan kepada dokter spesialis anak

Itulah 23 pilihan untuk mengobati sariawan, baik dari bahan alami, dengan cara tradisional dan obat sariawan yang sangat aman untuk anak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga;


Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu, sebaiknya bantu saya dengan mengirimkan tulisan ini di sosial media kesayanganmu. Caranya dengan menekan tombol sosial media yang tersedia di bawah ini.

0 Response to "23 Obat Sariawan dari Bahan Alami dan Cara Tradisional (Sangat Aman untuk Anak)"

Posting Komentar