17 Obat Jerawat Batu Alami dan Paling Ampuh

Obat jerawat batu alami dan paling ampuh. -Pada umumnya, jerawat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jerawat pasir dan jerawat batu. Khusus dalam tulisan kali ini, kita akan membahas tentang jerawat batu yang terjadi dikarenakan peradangan di area wajah, membuat gelisah, pedih dan mengganggu penampilan.


Penyebab Timbulnya Jerawat Batu



1. Faktor Keturunan (Genetik)

Salah satu penyebab timbulnya jerawat batu adalah keturunan genetik dari orang tua, bila salah satu keluargamu pernah mengalami jerawat batu, maka tidak menutup kemungkinan, kamu pun akan mengalami hal yang sama. Hal ini disebabkan oleh kelenjar minyak yang berlebihan.

2. Salah Memilih Kosmetik Kecantikan

Berhati-hatilah saat memilih kosmetik kecantikan yang digunakan untuk sekitar area wajah. Sebab, resiko ketidakcocokan kosmetik dapat berakibat fatal, termasuk peradangan kulit, jerawat batu, iritasi kulit atau bahkan kanker kulit.

3. Kurang Memperhatikan Kebersihan Kulit di Area Wajah

Bersihkan wajah sebelum hendak tidur, karena pada malam hari, pori-pori di area wajah terbuka lebih lebar. Bila kulit wajahmu tidak bersih, maka kotoran tersebut akan masuk melalui lubang pori-pori, menyumbatnya dan memperbesar resiko timbulnya jerawat batu.

4. Kulit Wajah Terlalu Sensitif

Penyebab lainnya adalah kulit wajah yang sangat sensitif, penyebab satu ini bisa menyerang siapa saja, karena pada dasarnya, semua orang memiliki kulit wajah yang sensitif. Oleh karenanya, seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa menjaga kebersihan wajah adalah hal yang sangat penting.

Meski pun masih banyak penyebab-penyebab lain, seperti bergadang, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, regenarasi kulit yang tidak normal dll. Namun 4 penyebab timbulnya jerawat batu yang telah disebutkan adalah yang paling umum. 


17 Obat Jerawat Batu Alami dan Paling Ampuh


obat jerawat alami dan paling ampuh

1. Kentang

Kentang merupakan makanan yang sangat populer di dunia, bisa menjadi bahan sayuran, digoreng atau menjadi bahan pembuatan keripik. Namun, perlu kamu ketahui bahwa kentang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi jerawat batu. Pasalnya, kandungan akali yang terdapat di dalamnya mampu menghilangkan lemak dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

Cara 1: Irislah kentang, kemudian tempelkan pada wajah selama 15 menit
Cara 2: Haluskanlah kentang, kemudian oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering (30 menit). Setelahnya kamu dapat membasuh wajah dengan air hangat

2. Tomat

Tomat sangat dikenal sebagai buah kecantikan. Pasalnya, tomat merupakan sumber vitamin E yang mampu menjaga kesehatan dan kecantikan wajah, termasuk menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit wajah atau mengatasi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Caranya?.

  1. Sediakan 1 buah tomat yang sudah dicuci
  2. Belah menjadi 2 bagian
  3. Masing-masing tempelkan pada pipi sebelah kanan dan kiri, sambil digosok perlahan
  4. Setelah 30 menit, basuh wajah dengan air hangat

3. Mentimun (Obat Jerawat Alami)

Kandungan mineral yang sangat tinggi di dalam mentimun mampu membuat kulit wajah terasa kencang dan bersinar. Serta sangat efektif dalam mengatasi jerawat batu yang diakibatkan minyak dan bakteri di kulit wajah. Caranya?.

  1. Siapkan 1 buah mentimun yang sudah dibersihkan
  2. Irislah tipis-tipis
  3. Letakan pada wajah, sebagaimana masker
  4. Diamkan selama 20-30 menit
  5. Basuh wajah dengan air hangat

4. Bawang Putih

Selain berguna sebagai obat sakit gigi alami, bawang putih pun bisa kita andalkan untuk melawan jerawat batu. Pasalnya, bawang putih berperan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman membandel yang menyebabkan timbulnya jerawat batu. Caranya?.

  1. Siapkan 2-3 siung bawang putih
  2. Ulek, namun jangan terlalu halus
  3. Oleskan pada permukaan wajah
  4. Diamkan selama 10 menit
  5. Basuh wajah dengan air hangat

5. Jeruk Nipis

Kandungan antiseptik pada jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab munculnya jerawat. Meskipun terasa pedih, namun pengobatan jerawat dengan jeruk nipis dikenal sangat ampuh dan efektif. Caranya?.

  1. Sediakan 2-3 buah jeruk nipis yang sudah dicuci
  2. Potong seluruhnya menjadi dua bagian
  3. Gosok wajah secara perlahan dengan potongan-potongan jeruk nipis
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Basuh wajah dengan air hangat

6. Lidah Buaya (Obat Jerawat Batu Paling Ampuh)

selain berperan sebagai obat sariawan alami, lidah buaya pun dapat berperan sebagai obat jerawat batu paling ampuh. Biasanya, setelah pemakaian selama 3-7 hari, jerawat batu akan kering dan mengelupas dengan sendirinya. Serta bekas jerawat pun akan hilang tanpa bantuan obat-obatan lainnya. Caranya?.

  1. Siapkan satu lembar lidah buaya yang sudah dibersihkan
  2. Pisahkan kulit dengan isinya yang berlendir
  3. Oleskan lendirinya pada permukaan kulit wajah
  4. Diamkan sampai kering
  5. Basuh wajah dengan air hangat

7. Daun Sirih

Beberapa kandungan di dalam daun sirih sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah, di antaranya adalah kandungan vitamin C yang berperan sebagai pemicu produksi kolagen, sehingga mampu menyembuhkan jerawat dan memperhalus kulit wajah, dan betlephenol yang berperan sebagai anti-bakteri, sehingga mampu membunuh berbagai kuman penyebab tumbuhnya jerawat.

Berikut adalah cara menyembuhkan jerawat batu dengan daun sirih,

  1. Siapkan 3-4 lembar daun sirih yang telah dibersihkan
  2. Tumbuk dengan dicampur sedikit air, hingga bentuknya menyerupai pasta
  3. Oleskan pasta daun sirih pada kulit wajah
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Basuh wajah dengan air hangat

8. Ramuan Madu dengan Putih Telur

Selain bermanfaat sebagai obat batuk berdahak alami, madu pun sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat batu. Sebab, sifat asam yang terkandung di dalamnya berperan sebagai anti-inflasi yang mampu membunuh kuman dan menyembuhkan jerawat secara efektif. Sedangkan putih telur mengandung enzim Lysozyme yang mampu membunuh kuman penyebab munculnya jerawat.

Perpaduan di antara keduanya sangat sempurna untuk mengatasi jerawat batu yang kadang sangat mengesalkan, berikut adalah cara membuat ramuan madu yang dicampur putih telur.

  1. Siapkan 1 telur dan 1 sendok madu
  2. Pisahkan putih telur dari kuningnya
  3. Campurkan 1 sendok madu dengan putih telur yang telah dipisahkan
  4. Aduk sampai merata
  5. Oleskan pada permukaan kulit wajah
  6. Diamkan selam 20 menit
  7. Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat

9. Minyak Zaitun

Merupakan rahasia umum, bila minyak zaitun memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya adalah sebagai obat kolesterol tinggi, mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat batu. Caranya pun sangat mudah, perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Oleskan minyak zaitun pada wajah secara merata
  2. Diamkan selam 10 menit
  3. Basuh wajah dengan air hangat

10. Jahe

Bila selama ini kita mengenal jahe sebagai pelengkap bumbu masakan, maka kali ini saya akan memberitahumu bahwa jahe dapat menuntaskan masalah jerawat pada wajah. Pasalnya, jahe memiliki kandungan gingerols yang berfungsi untuk meredakan iritasi pada kulit wajah, dan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas, serta membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Caranya?.

  1. Siapkan 3 batang jahe yang telah dipisahkan dengan kulitnya
  2. Tumbuk dengan dicampur sedikit air, hingga bentuknya menyerupai pasta
  3. Oleskan pasta jahe pada kulit wajah, hingga merata
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Basuh wajah dengan air hangat

11. Baking Soda

Dikenal sebagai pengembang bahan adonan, nyatanya sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang melaporkan bahwa baking soda mampu menjadi obat asam urat, mengatasi peradangan pada kulit dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab munculnya jerawat. Sebab, baking soda sendiri mengandung kolagen dan anti-inflamasi alami. Caranya?.

  1. Siapkan 2 sendok baking soda dan 1 sendok air
  2. Adukan keduanya hingga merata, menyerupai pasta
  3. Oleskan pasta baking soda pada kulit wajah
  4. Diamkan selama 10 menit
  5. Basuh wajah dengan air hangat

12. Tanaman Mahkota Dewa (Obat Jerawat Batu)

Tanaman mahkota dewa dapat kamu andalkan untuk mengusir jerawat. Pasalnya, tanaman satu ini (terutama daunnya) mengandung flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dan anti-bakteri, sehingga dapat menjaga kebersihan dan kesehatan wajah sekaligus. Caranya?.

  1. Siapkan 4 lembar daun mahkota dewa yang masih muda dan segar
  2. Haluskan dengan ditambahkan sedikit air, sehingga menyerupai pasta
  3. Oleskan pasta mahkota dewa pada pemukaan kulit wajah
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Basuhlah wajah dengan air hangat

13. Tanaman Sidugari

Tanaman lainnya yang dapat mengatasi jerawat batu adalah daun sidugari, manfaat dan khasiatnya cukup dikenal oleh orang tua jaman dahulu, namun tidak ada salahnya bila kita masih melestarikan cara-cara yang dipakai mereka. Berikut di bawah ini.

  1. Siapkan beberapa helai daun sidugari yang telah dibersihkan
  2. Rebus dengan air yang mendidih
  3. Dekatkan wajahmu agar terkena uap dari rebusan daun sidugari (jangan diminum)

14. Mengkudu

Buah mengkudu bekerja di dalam tubuh, membersihkan darah, sehingga jerawat pada wajah dapat berangsur-angsur menghilang dan mencegahnya datang pada waktu yang akan datang. Berikut merupakan cara mengobati jerawat dengan buah mengkudu.

  1. Siapkan 2 buah mengkudu yang telah dibersihkan
  2. Jadikan ia sebagai bahan pembuatan jus
  3. Minum secara rutin (1 kali sehari) pada pagi hari

15. Masker Tanah Liat

Obat jerawat batu alami lainnya adalah masker yang dibuat dari bahan tanah liat khusus, kamu dapat membelinya di toko kecantikan atau salon. Tanah liat ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit wajah, termasuk mengencangkan, membersihkan dan mencegah penyebaran bakteri penyebab timbulnya jerawat. Caranya?.

  1. Setelah membelinya di toko, kamu dapat menyeduhnya dengan sedikit air hangat
  2. Aduk hingga merata, menyerupai adonan terigu
  3. Oleskan, dijadikan masker wajah

16. Memperbanyak Meminum Air Putih

Mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak dapat memperlancar peredaran darah, termasuk di area wajah, sehingga dapat meperkecil resiko tumbuhnya jerawat. Saya menyarankan agar kamu meminum air putih tidak kurang dari 8 gelas per hari.

17. Memperbaiki Pola Hidup

Pola hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan kulit wajah. Berikut merupakan pola hidup sehat untuk meperkecil resiko timbulnya jerawat.

  • Hindari stress, jaga pikiran agar selalu rileks
  • Hindari makanan yang mengandung lemak
  • Hindari bergadang terlalu larut
  • Hindari minuman beralkohol
  • Berolahraga secara rutin
  • Perbanyak asupan sayuran dan buah-buahan

Demikian adalah beberapa obat jerawat batu yang bisa kamu buat dari bahan-bahan alami dan dipercaya sangat ampuh. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu, sebaiknya bantu saya dengan membagikan tulisan ini di sosial media kesayanganmu. Caranya dengan menekan tombol sosial media yang tersedia di atas tulisan ini.

0 Response to "17 Obat Jerawat Batu Alami dan Paling Ampuh"

Posting Komentar