7 Bahaya Rokok vs 7 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bahaya rokok vs manfaat rokok bagi kesehatan. -Sampai detik ini, rokok masih menjadi hal yang prokontra di kalangan masyarakat kita, sebagian kalangan dengan gencar mengkampanyekan hidup anti rokok, sedangkan sebagian lainnya dengan santai menghisap rokok sambil mengatakan bahwa rokok merupakan sumber inspirasi dan bahkan, menyebut rokok dapat memperpanjang umur. Sangat tidak masuk akal.

Sebelum menulis artikel ini, saya membuat riset kecil-kecilan, berdiskusi dengan teman-teman perokok. Menanyakan pendapat mereka tentang pengaruh rokok terhadap kesehatan?. Sedikit dari jawaban mereka sangat gila, meyakini bahwa rokok memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, tidak main-main, untuk memperkuat keyakinannya, salah satu teman menguraikan penelitian yang dilakukan di Amerika tentang manfaat rokok terhadap kesehatan.


7 Bahaya Rokok vs 7 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sebagai perbandingan, tulisan ini bermaksud untuk mengulas dampak positif dan negatif rokok terhadap kesehatan. Tidak berniat sedikit pun menganjurkan agar kamu lekas merokok, hanya sebagai perbandingan semata. Sebab, saya sendiri percaya bahwa rokok sangat merugikan pecandunya, baik itu dari segi kesehatan atau keuangan.


7 Bahaya Rokok Bagi Kesehatan


7 bahaya rokok bagi kesehatan

Banyak orang yang meyakini bahwa satu batang rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia, 20% di antaranya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk di dalamnya adalah Tar, Karbon Monoksida, Gas Oksidan dan Benzene. Berikut adalah beberapa pengaruh buruk rokok terhadap kesehatan.

1. Penyakit Paru-Paru

Saat kamu menghisap rokok, organ tubuh yang paling dirugikan adalah paru-paru. Dengan leluasa, asap rokok masuk ke dalam paru-paru melalui pernafasan, sehingga paru-paru dapat mengalami pneumonia, bronchitis atau radang. Lebih lanjut, kandungan nikotin pada asap rokok dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel paru-paru, kanker paru-paru, bahkan kematian.

2. Penyakit Lambung

Hal yang paling sepele saat menghisap rokok adalah meningkatnya pergerakan otot yang terletak di bawah kerongkongan yang berfungsi di bidang proses pencernaan. Semakin sering, kegiatan menghisap rokok dapat berakibat terhadap penurunan daya kerja otot tersebut, sehingga dapat mengganggu proses pencernaan dan mengakibatkan Asam Lambung.

3. Gangguan Pada Organ Reproduksi dan Mengakibatkan Impotensi

Zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok cendrung mempengaruhi organ reproduksi. Bagi pria, akan mengurangi produksi sperma dan bahkan, mengakibatkan kanker testis. Sedangkan bagi wanita dapat mempengaruhi kesuburan. Pada garis besarnya, para perokoko memiliki peluang lebih besar tidak memiliki keturunan, impotensi.

4. Bahaya Rokok Pada Saraf Otak

Sebesar 50 persen, para perokok aktif memiliki resiko mengalami kerusakan saraf-saraf dan pembuluh darah yang berada di otak manusia (aneurisma otak). Berbagai zat kimia berbahaya yang berada dalam kandungan rokok akan melemahkan pembuluh darah di otak, membuatnya bengkak, bahkan sewaktu-waktu dapat pecah sehingga mengakibatkan pendarahan di area otak. Lebih lanjut, rokok dapat menyebabkan stroke, meskipun si perokok tidak memiliki keturunan atau riwayat darah tinggi.

5. Kerusakan Mata (Buta)

Hasil studi yang diterbitkan oleh Archives of Ophthalmology, menyebutkan bahwa seorang perokok memiliki resiko mengalami degenerasi makula lebih tinggi dibanding seseorang yang tidak merokok, hingga 4 kali lipat. Degenerasi makula sendiri merupakan penyebab kebutaan yang dialami oleh orang tua. Selain itu, rokok juga dapat menghancurkan penglihatan sentral tajam.

6. Gangguan Terhadap Kesehatan Kulit

Rokok dapat membuat kulitmu terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya, termasuk kemunculan kerutan di area mulut dan mata, bahkan selulit pada kulit. Sebab, sebagian zat kimia yang terdapat pada rokok dapat mengurangi kadar asupan oksigen ke kulit.

7. Osteoporosis

Racun yang terkandung di dalam rokok dapat menghentikan sel-sel konstruksi dan mengganggu keseimbangan beberapa hormon yang berfungsi sebagai penjaga kekuatan tulang, semisal hormon estrogen. Hasilnya, asap rokok yang kamu hisap mampu mengakibatkan rapuhnya tulang dan osteoporosis.

Baca juga : 13 obat batuk berdahak dengan bahan alami dan cara tradisional

Demikian adalah 7 bahaya rokok bagi kesehatan. Sejatinya, bahaya menghisap rokok masih banyak lagi, termasuk di antaranya adalah kanker leher, diabetes, meningkatkan stress dll. Mari kita bandingkan dengan manfaatnya.


7 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan

7 manfaat rokok bagi kesehatan

Mungkin kamu akan sedikit kaget saat membaca uraian tentang beberapa manfaat rokok, begitupun saya saat mengetahuinya untuk pertama kali. Namun, dalam tulisan di bawah ini, saya berusaha menampilkan sumbernya, agar tidak dituduh mengada-ada. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat rokok bagi kesehatan.

1. Melawan Penyakit Parkinsons

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr Tanner, yang dilakukan kepada 113 pasangan kembar laki-laki menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan merokok selama 10 - 20 tahun memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit Parkinsons. Itu artinya, manfaat merokok baru bisa dinikmati setelah seseorang berhenti dari kebiasaan merokok.

Sumber : Smoking Lowers Parkinson’s Disease Risk

2. Mencegah Penyakit-Penyakit yang Diakibatkan Alergi

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia, pada tahun 1996, melaporkan bahwa seorang anak yang memiliki ayah atau ibu perokok memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit yang diakibatkan oleh alergi, baik alergi asma atau alergi makanan. Penelitian ini dilakukan kepada 6909 remaja dan 4472 anak-anak.

Sumber : Swedish Survey of Living Conditions

3. Nikotin Mampu Membunuh Kuman Penyebab TBC

Menurut Prof. Saleh Naser, ahli biologi dan mikrobiologi dari University of Central Florida (UCF). Bila dikonsumsi dengan kadar yang tidak berlebihan, senyawa nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menghentikan perkembangan kuman penyebab tubercolusis (TBC), salah satu penyakit yang sulit diobati.

Sumber : Shocker: ‘Villain’ nicotine slays TB

4. Manfaat Rokok Untuk Mencegah Penyakit Kanker Kulit yang Langka

Meskipun menyarankan untuk tidak merokok, Dr James Goedert, seorang ilmuan dari National Cancer Institute, berpendapat bahwa menghisap tembakau dapat mencegah kanker kulit yang langka. Kanker kulit tersebut banyak diderita oleh orang tua di kawasan Israel, Yunani dan Italia Selatan.

Setidaknya kita tahu bahwa tembakau memiliki manfaat. -Ujar Dr James Goedert

Sumber : Smoking Cuts Risk of Rare Cancer

5. Rokok Dapat Membantu Passien Penderita Down Syndrome

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika melaporkan bahwa zat transdermal nikotin yang terkandung di dalam asap rokok dapat membantu kinerja otak penderita Down Syndrome, yaitu sebuah penyakit yang berhubungan dengan kinerja berfikir seseorang. Bahkan, transdermal nikotin lebih baik ketimbang obat kontrol sekalipun.

Sumber : Effects of transdermal nicotine on cognitive performance in Down’s syndrome

6. Mempercepat Penyembuhan Passien Penderita Stroke dan Serangan Jantung

Sebuah penelitian besar mengungkapkan bahwa karbon monoksida yang terkandung dalam rokok memiliki kemiripan sifat dengan oksida nitrat yang mampu membantu pembuluh darah agar tetap melebar, mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di jantung dan di otak. Hasilnya, rokok dapat memberikan peluang lebih besar kepada penderita stroke dan serangan jantung untuk bertahan hidup.

Sumber : Impact of Smoking on Clinical and Angiographic Restenosis After Percutaneous Coronary Intervention

7. Mengurangi Resiko Penyakit Susut Gusi yang Parah

Banyak orang berpendapat bahwa tembakau merupakan masalah terberat dalam kesehatan mulut dan gigi. Padahal, sebuah penelitian melaporkan bahwa sebagian zat yang terkandung di dalam asap rokok mampu memperkecil resiko penyakit susut gusi yang parah.

Sumber : Smoking Does Not Increase Risk Of Receding Gums

Baca juga : 15 obat sakit gigi tradisional, alami dan paling ampuh

Demikian adalah 7 bahaya rokok dan 7 manfaat rokok bagi kesehatan yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi, tulisan ini hanya sebuah perbandingan semata, dampak positif dan negatif rokok terhadap kesehatan. Apa pendapatmu tentang rokok terhadap kesehatan tubuh?. Sangat buruk atau malah sebaliknya?.

0 Response to "7 Bahaya Rokok vs 7 Manfaat Rokok Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Posting Komentar