15 Obat Sakit Gigi Tradisional, Alami dan Paling Ampuh

Obat sakit gigi tradisional, alami dan paling ampuh. -Apakah saat ini kamu atau salah satu anggota keluargamu sedang merasakan sakit gigi, merasakan sensasi nyeri yang amat luar biasa?. Bila benar, maka saat ini kamu membutuhkan informasi tentang obat sakit gigi yang paling ampuh dan mujarab.

Dalam tulisan ini kamu akan mengetahui beberapa obat sakit gigi, baik dari bahan alami, cara tradisional dan referensi obat dari apotek paling manjur. Berikut di bawah ini adalah ulasannya.


15 Obat Sakit Gigi Tradisional, Alami dan Paling Ampuh

Sebelum menuju pembahasan utama, agar sakit gigi tidak terulang kembali, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kenapa gigi bisa sakit, apa penyebabnya?. Serta apa saja gejala yang kamu rasakan ketika sakit gigi.

Tanda Gejala Sakit Gigi

Sejatinya, rasa sakit yang dirasakan setiap orang yang sedang sakit gigi itu berbeda-beda. Bisa sangat menyiksa, sedang dan ringan, hanya merasakan ngilu. Namun, beberapa gejala di bawah ini pasti dirasakan oleh setiap orang yang hendak sakit gigi.

  • Bengkak di area ruang gigi yang sakit
  • Sakit kepala, seperti migran
  • Tercium bau mulut, meskipun sudah disikat
  • Tubuh meriang dan demam

Penyebab Sakit Gigi

Penyebab utama gigi merasakan sakit adalah pulpa gigi yang membengkak, pulpa gigi merupakan komponen gigi terdalam yang memiliki beberapa syaraf sensitiv, jika pulpa semakin meradang, maka gigi semakin terasa sakit. Berikut merupakan beberapa penyebab pulpa gigi dapat membengkak atau meradang.

  • Tertimbunnya nanah di dasar gigi akibat terkena infeksi bakteri (sisa makanan)
  • Pembusukan komponen gigi akibat gigi berlubang
  • Benturan yang mengakibatkan gigi retak
  • Tambalan buruk pada gigi
  • Pengecilan gusi
  • Pembengkakan gusi
  • Tumbuh gigi baru
  • Sinusitis

Obat Sakit Gigi Alami

obat sakit gigi alami

Biasanya, kebanyakan orang, merasakan sensasi nyeri yang amat luar biasa pada saat malam hari, saat apotek sudah pada tutup. Bila kamu mengalaminya, maka obat gigi yang kamu butuhkan adalah obat yang terbuat dari bahan alami yang bisa kamu temui dengan mudah, entah itu di dapur atau di tempat lain.

1. Bawang Putih atau Bawang Merah

Bawang memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang mampu mengontrol sakit gigi. Olesan bawang pada gigi yang sakit dapat meredakan rasa sakit dengan cara membunuh kuman yang menyebabkan gigi infeksi. Caranya?.

Oleskan atau kunyahlah bawang mentah selama beberapa menit. Jika tidak bisa, kamu dapat mengulek bawang itu terlebih dahulu sebelum diletakan pada gigi yang terasa sakit.

2. Daun Sirih

Bila kamu berasal dari Jawa, kita tahu bahwa orang tua di masa lampau selalu menggunakan daun sirih untuk kegiatan nginang (mengunyah sirih). Nyatanya tanpa kita sadari, kegiatan nginang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kebersihan dan kekuatan gigi. Sebab, daun sirih mengandung batlephenol yang dapat membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sakit gigi. Caranya?.

  1. Siapkan 3 lembar daun sirih
  2. Rebus dalam air yang mendidih
  3. Setelah mencapai 250 derajat Selcius, sisakan satu gelas
  4. Airnya dapat digunakan untuk berkumur (3 kali sehari)

3. Obat Sakit Gigi Alami dengan Serai

Selain menjadi penyedap dalam setiap masakan ibu, serai juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat untuk meredakan sakit gigi. Sebab, serai memiliki kandungan analgesik di dalam setiap batangnya, kandungan analgesik mampu mengobati rasa sakit di bagian gigimu. Caranya?.

  1. Siapkan 2 batang serai
  2. Rebus dalam air yang mendidih
  3. Setelah mencapai 250 derajat Selcius, sisakan satu gelas
  4. Saring airnya
  5. Gunakan untuk berkumur (2 kali sehari)

4. Bunga Matahari

Bunga matahari sangat bermanfaat untuk meredakan saki gigi, karena pada setiap lembarnya, bunga matahari mengandung bahan kimia yang alami, termasuk di dalamnya adalah helianthoside (A-B-C),  echinocytic acid, oleanolic acid dan quercimeritrin. Caranya?.

  1. Siapkan 1 bunga matahari
  2. Rebus dalam air panas (600 derajat celsius)
  3. Tunggu hingga airnya menyusut
  4. Saring airnya
  5. Minumlah air tersebut (2 kali sehari)

5. Cengkeh

Cengkeh dipercaya sebagai obat sakit gigi alami yang paling ampuh. Pasalnya, setiap butir cengkeh memiliki sifat inflamintasi, antioksidan, anestesi dan sifat anti-inflamasi yang mampu melawan infeksi gigi dan mengusir rasa sakit pada gigi. Caranya?.

  1. Campurkan 2 cengkeh dengan minyak sayur
  2. Ambil kapas
  3. Gunakan kapas untuk mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang terasa sakit
  4. Atau, kamu dapat meneteskan minyak cengkeh pada air minum untuk berkumur

6. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mengandung antimikroba, analgesik dan anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit pada gigi. Caranya?.

  • Dapat langsung dikunyah
  • Atau direbus terlebih dahulu, dengan dicampur sedikit garam, dalam air yang mendidih. Airnya bisa kamu gunakan untuk berkumur (3 kali sehari)

7. Lada

Selain bermanfaat sebagai bumbu pelengkap, lada juga bisa kamu funsikan sebagai pereda sakit gigi yang manjur. Hal ini dikarenakan pada setiap butir lada mengandung sifat anti-inflamasi, analgesik dan anti bakteri yang mampu mengusir infeksi gigi akibat kuman. Caranya?.

  1. Campurkan lada dan garam dengan kadar yang sama, kemudian tambahkan air
  2. Larutkan 3 bahan tersebut sampai bentuknya menyerupai pasta
  3. Oleskan pasta pada gigi yang terasa sakit
  4. Lakukan setiap hari sampai sembuh

Obat Sakit Gigi Tradisional


obat sakit gigi tradisional

Setelah mengetahui beberapa obat sakit gigi yang dibuat dari bahan alami, selanjutnya kamu akan mengetahui tentang obat sakit gigi dengan cara-cara tradisional. Berikut di bawah ini.

1. Berkumur dengan Larutan Air Garam

Garam adalah bumbu dapur yang paling mudah kita temui, tanpa garam, setiap masakan akan terasa kurang sedap. Kabar baiknya, garam mengandung sifat anti-inflamasi, analgesik dan anti bakteri yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Caranya?.

  1. Tuangkan setengah sendok garam ke dalam segelas air hangat
  2. Kemudian larutan air garam tersebut dapat kita gunakan untuk berkumur

2. Mengompres dengan Air Es

Kedengarannya sedikit ekstrim, karena menurut logika, gigi yang terkena udara dingin dapat menghasilkan rasa sakit. Namun, cara ini sering digunakan oleh orang tua jaman dulu, mereka mengkompres gigi yang sakit dengan air es. Cara ini dapat membekukan rangsangan rasa sakit pada saraf-saraf gigi. Caranya?.

  1. Siapkan satu botol air es
  2. Tempelkan botol tersebut ke pipi pada area gigi yang terasa sakit
  3. Tempelkan sekitar 2-3 menit

Obat Sakit Gigi yang Paling Ampuh

obat sakit gigi paling ampuh

Terakhir, saya akan memberikan beberapa referensi merk obat gigi yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat dan dipercaya sebagai merk obat sakit gigi paling ampuh. Berikut di bawah ini.

1. Cataflam 50 mg

Dengan kandungan yang terdapat di dalamnya, Cataflam dipercaya sebagai obat sakit gigi yang paling manjur. Tidak sampai 5 menit, reaksi obat ini bisa langsung kamu rasakan, sakit gigi yang selama ini menyiksamu bisa langsung hilang seketika.

Namun, obat bermerk Cataflam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah umur dan penderita penyakit jantung. Sebab, reaksi yang ditimbulkan oleh Cataflam sangat cepat, sehingga memaksa jantung untuk bekerja lebih cepat. Dapat menyebabkan gagal jantung.

2. Super Green Plus SG

Merk obat satu ini banyak direkomendasikan dan paling populer. Seperti Cataflam, cara kerja Super Green Plus SG sangat cepat dalam menghilangkan rasa sakit, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Rasa sakit gigi yang kamu derita bisa langsung hilang seketika.

Super Green Plus SG dibuat dari bahan alami, termasuk nigella sativa yang bisa juga disebut zat kemuning. Dengan bahan alami ini, kita dapat mengkunsumsi Super Green Plus SG tanpa rasa khawatir atas efek samping yang ditimbulkan. Harganya sekitar Rp. 150.000 per satu botol.

3. Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dengan Merk Ponstan

Ponstan merupakan merk obat sakit gigi yang terkenal dari dulu, kita dapat mendapatkannya dari apotek terdekat. Setiap tabletnya mengandung asam mefenat yang berreaksi sebagai pereda nyeri, dan analgesik. Sebelum membelinya, usahakan untuk bertanya terlebih dahulu tentang cara pemakaiannya kepada apoteker.

4. Antalgin

Antalgin merupakan merk obat sakit gigi yang memiliki umur paling tua di antara obat-obat lainnya, sudah dikonsumsi sejak dulu dan khasiatnya sudah terjamin. Dalam meredakan sakit gigi, Antalgin tidak kalah dengan obat lainnya, cepat dan tepat.

5. Clindamycin

Clindamycin merupakan obat sakit gigi yang mengandung bahan kimia baik yang paling mujarab. Setiap tabletnya, Clindamycin mengandung antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sakit gigi.

Namun, sebelum menggunakannya, kamu harus mengantongi resep dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang diakibatkan oleh efek samping penggunaannya.


Pengobatan Sakit Gigi dengan Cara Termudah

  • Menyikat gigi secara teratur, 2 kali sehari, sebelum tidur dan saat hendak tidur
  • Gunakan air hangat setiap kali berkumur
  • Merawat gigi dengan antiseptik, semisal Albothyl
  • Minum obat pereda nyeri
  • Segera tambal gigi yang berlubang atau cabut sekalian

Memperbaiki Gaya Hidup

Setelah sakit gigi sembuh, agar tidak terulang kembali, sebaiknya kamu memperbaiki cara hidup dengan rutin membersihkan gigi dan menjauhi makanan-makanan yang dapat merusak gigi, seperti permen, coklat dll. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan.

  • Mengurangi makanan dan minuman yang manis
  • Mengurangi kebiasaan merokok dan kopi
  • Rajin menyikat gigi (2 kali sehari)
  • Rutin memeriksa kesehatan gigi, minimal satu kali setiap 6 bulan
Baca juga : 7 manfaat rokok vs 7 bahaya rokok (dampak positif dan negatif rokok bagi kesehatan)

Demikian adalah informasi tentang 15 obat sakit gigi tradisional, alami dan paling ampuh yang bisa saya sampaikan. Jika sakit gigi berlangsung dalam waktu yang sangat lama, segera konsultasikan dengan dokter gigi terdekat agar kamu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

0 Response to "15 Obat Sakit Gigi Tradisional, Alami dan Paling Ampuh"

Posting Komentar