13 Obat Batuk Berdahak dengan Bahan Alami dan Cara Tradisional

Obat batuk berdahak dengan bahan alami dan cara tradisional. -Batuk merupakan sebuah penyakit yang paling sering menyerang kita saat musim pancaroba atau musim hujan. Sekilas, batuk seperti penyakit ringan dan biasa-biasa saja. Namun, saat kita mengalaminya, batuk mampu menyiksa kehidupan kita, membuat kita tidak nyaman, mengganggu aktifitas dan tidak tenang saat beristirahat. Tidak peduli, apakah itu batuk karena flu, batuk kering atau batuk berdahak, semuanya menyengsarakan.


13 Obat Batuk Berdahak dengan Bahan Alami dan Cara Tradisional

Agar batuk segera hilang, banyak pilihan yang dapat kamu lakukan, seperti membeli berbagai merk obat batuk di warung terdekat, baik itu dalam kemasan sirup atau tablet. Namun, sebaiknya kamu memilih obat batuk alami atau obat batuk tradisional. Sebab, dengan menggunakannya, kamu tidak perlu khawatir dengan efek samping mengkonsumsi obat-obatan.

Dalam tulisan ini, kamu akan mengetahui tentang menghilangkan batuk berdahak dengan bahan alami dan cara tradisional. Namun, sebelum membahasnya, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud batuk berdahak dan apa penyebabnya.

Jenis Batuk Berdahak

Pada umumnya, batuk berdahak merupakan jenis batuk yang disebabkan oleh infeksi paru-paru, sehingga produksi dahak semakin meningkat, melebihi biasanya. Maka, secara alami, mekanisme tubuh akan mengangkat dahak ke tenggerokan dengan cara batuk.

Akan tetapi, jika kamu mengalami batuk berdahak dengan waktu yang sangat panjang (melebihi waktu normal), sebaiknya segera melakukan konsultasi kepada dokter terdekat. Sebab, dikhawatirkan batuk yang kamu alami disebabkan oleh kanker tenggorokan atau infeksi paru-paru.

Penyebab Batuk Berdahak

Secara umum, batuk berdahak disebabkan oleh sinusitis, pneumonia dan pilek. Lebih jauh, batuk juga dapat menjadi gejala adanya penyakit lain di dalam tubuhmu, seperti bronkitis kronis dan asma. Orang yang memiliki sistem imun yang lemah dan perokok lebih rentan terkena serangan batuk dibanding orang pada umumnya. Berikut merupakan beberapa penyebab batuk berdahak.

  • Infeksi pada saluran pernafasan
  • Inflamasi atau peradangan pada saluran pernafasan
  • Flu berat
  • Polusi, baik itu asap kendaraan atau rokok
  • Meningkatnya asam lambung

Obat Batuk Alami Untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak


obat batuk berdahak dengan bahan alami

Banyak sekali obat batuk yang bisa kamu dapatkan di warung, di apotek atau mendapatkannya langsung dari dokter. Namun, bila kamu takut oleh efek samping yang ditimbulkan obat atau malas pergi ke dokter, kamu dapat mencoba berbagai jenis obat batuk berdahak yang terbuat dari bahan alami. Berikut di bawah ini.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan batuk berdahak. Reaksinya cepat dan mampu memberikan efek hangat kepada tenggorokan, sehingga membantu tubuhmu dalam mengeluarkan dahak dengan lebih cepat. Caranya?.

  1. Kupas dan cucilah 2 ruas jahe sampai bersih
  2. Irislah jahe tersebut
  3. Rebuslah dengan 2 gelas air, sampai tersisa 1 gelas
  4. Minumlah dengan rutin (2 kali sehari)

2. Jeruk Nipis

Sudah menjadi rahasia umum, jeruk nipis memiliki khasiat ampuh untuk mengobati batuk berdahak, mengatasi peradangan pada pernafasan dan mengontrol lapisan lendir pada tenggorokan. Kamu dapat mengandalkan jeruk nipis untuk mengatasi batuk yang sedang kamu alami saat ini. Caranya?.

  1. Potong dan peraslah 2 buah jeruk nipis
  2. Campurlah hasil perasan jeruk nipis dengan madu atau kecap manis
  3. Minumlah ramuan tersebut di pagi hari dan sore hari

3. Daun Sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kewanitaan memang sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit batuk berdahak yang selama ini mengganggu aktifitas keseharianmu dan membuat hari-harimu menjadi tidak nyaman. Pemanfaatan daun sirih ini bebas dilakukan oleh siapa pun, baik itu anak-anak, remaja atau orang tua. Sebab, mengkonsumsi daun sirih tidak mengakibatkan efek samping apapun. Caranya?.

  1. Siapkan sedikit daun sirih, kayu manis, cengkeh dan kapulaga
  2. Rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air, sampai menyisakan 1 gelas saja
  3. Minumlah airnya dalam keadaan hangat secara rutin (2 kali sehari)
  4. Kamu dapat menambahkan madu jika tidak suka dengan rasanya

4. Obat Batuk Alami dengan Daun Kemangi

Selain berguna untuk melengkapi setiap masakan sayuran, daun kemangi juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Cara kerjanya adalah mengontrol lapisan lendir pada tenggorokan, membuatnya encer dan mengeluarkannya. Caranya?.

  1. Cucilah segenggam daun kemangi yang masih segar
  2. Rebus dengan 1 gelas air, sampai mendidih
  3. Minumlah air tersebut dalam keadaan masih hangat
  4. Lakukan secara rutin, setidaknya sampai batuk yang kamu derita sembuh

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal sejak jaman dahulu, dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan antibiotik yang sangat banyak. Nah, hal ini dapat membantu meredakan batuk yang diakibatkan terganggunya saluran pernafasan. Caranya?.

  1. Bubukanlah 1 sendok kunyit, baik dengan cara ditumbuk atau di-blender
  2. Rebuslah bubuk kunyit bersama setengah sendok bubuk merica dalam air yang mendidih
  3. Aduk secara merata
  4. Minumlah dalam keadaan hangat

6. Obat Batuk Berdahak Alami dengan Blimbing Wuluh

Obat batuk berdahak alami selanjutnya adalah blimbing wuluh, yakni buah-buahan yang ukuran kecil, berwarna hijau dan memiliki rasa yang sangat masam. Dengan rasa asamnya, blimbing wuluh dipercaya memiliki khasiat efektif untuk menghilangkan lendir atau dahak pada tenggorokan. Caranya?.

  1. Rebuslah 1 buah blimbing wuluh dengan air secukupnya
  2. Masukan adas ke dalam rebusan
  3. Setelah benar-benar mendidih, kamu dapat mematikan kompor
  4. Dinginkan
  5. Minumlah ramuan ini secara rutin (2 kali sehari)

7. Kacang Almond

Belum banyak yang mengetahui bahwa, selain memiliki rasa yang renyah, kacang almond juga memiliki khasiat untuk penyembuhan batuk (segala jenis batuk). Caranya?.

  1. Siapkan 8 butir kacang almond
  2. Rendam kacang almond selama 12 jam
  3. Tumbuk kacang almond, sampai halus, hingga menyerupai pasta
  4. Tambahkan 1 sendok mentega
  5. Konsumsi pasta secara rutin (3 kali sehari)

8. Madu dan Susu

Bisa dikatakan bahwa perpaduan susu dan madu merupakan obat batuk yang rasanya paling enak. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal memasukan madu ke dalam segelas susu dan meminumnya.

9. Gula Merah dan Asam Jawa

Dengan sangat mudah kamu dapat menemukan asam jawa dan gula merah. Selain membuat masakan menjadi lezat, ke duanya pun dapat diandalkan untuk mengatasi batuk yang sangat mengganggu. Caranya?.

  1. Seduh 10 buah asam jawa dengan air panas di dalam gelas
  2. Tambahkan gula merah secukupnya
  3. Minumlah ketika ramuan masih hangat
  4. Secara rutin, di pagi dan sore hari

Obat Batuk Tradisional untuk Menyembuhkan Batuk Berdahak

obat batuk berdahak dengan cara tradisional

Setelah mengetahui beberapa obat batuk alami, selanjutnya kamu akan membaca informasi tentang beberapa obat batuk berdahak dengan cara-cara tradisional, cara yang dilakukan oleh orang tua pada jaman dahulu. Berikut di bawah ini.

1. Berkumur dengan Larutan Air Garam

Rasa asin pada garam memang sangat terkenal dalam masalah kesehatan yang berhubungan dengan infeksi bakteri. Begitupun saat kamu mengalami batuk berdahak, air garam bisa kamu andalkan untuk mengatasinya. Caranya?.

  1. Seduh setengah sendok garam dengan air panas
  2. Kocek-kocek
  3. Gunakanlah larutan air garam tersebut untuk berkumur
  4. Lakukan secara rutin (3 kali sehari)

Air garam yang digunakan untuk berkumur dipercaya dapat menyerap lendir yang mengendap di tenggorokan, sehingga dapat meredakan radang tenggorokan dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

2. Obat Batuk Tradisional dengan Terapi Uap

Mengobati batuk dengan cara terapi uap merupakan langkah yang bisa kamu lakukan dengan benar-benar mudah, bisa di mana pun dan kapan pun, serta dipercaya oleh orang dahulu sebagai terapi yang paling ampuh untuk menghilangkan batuk berdahak. Caranya?.

  1. Masaklah air sampai mendidih dan mengeluarkan uap
  2. Letakan wajahmu, sekitar 15 cm, di atas air yang mendidih
  3. Membuka mulut dan mengatur nafas secara perlahan

Secara alami, uap yang masuk ke dalam saluran pernafasan akan meninpiskan dan mencairkan dahak yang mengendap di tenggorokanmu. Kamu bisa dengan mudah untuk membuang dahak tersebut dari tenggorakan. Hasilnya, batuk berdahak akan sembuh lebih cepat.

3. Minum Air Hangat

Cara tradisional yang bisa dilakukan dengan mudah berikutnya adalah selalu menggunakan air hangat pada setiap kali kamu minum. Air hangat yang mengalir di tenggorokan akan mencairkan dahak di tenggorokan, sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah.

4. Obat Batuk Berdahak Tradisional dengan Minum Sup Hangat yang Sedikit Pedas

Selain rasanya yang enak, sup hangat pun dapat kamu andalkan ketika mengalami batuk berdahak. Kamu dapat meminum air sup yang ditambah sedikit cabai untuk menghangatkan tenggorokanmu, membuat pernafasan lancar dan mencairkan dahak yang ada di tenggorokan.

Baca juga: 15 obat sakit gigi tradisional, alami dan paling ampuh

Demikian adalah 13 obat batuk berdahak dengan bahan alami dan cara tradisional yang bisa saya sampaikan. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk orang lain, sebaiknya bantu saya untuk membagikannya di sosial media kesayanganmu. Terimakasih.

0 Response to "13 Obat Batuk Berdahak dengan Bahan Alami dan Cara Tradisional"

Posting Komentar